cara investasi bitcoin

Begini Cara Investasi Bitcoin Pemula Agar Untung Maksimal!

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apakah Anda tertarik berinvestasi pada cryptocurrency, sebut saja bitcoin? Jika iya, maka cara investasi bitcoin berikut cocok untuk Anda sebagai pemula.

Mengingat risiko dari jenis investasi ini cukup besar, maka diperlukan strategi tersendiri dalam prosesnya. Jika taktik yang diterapkan sudah tepat, keuntungan pun bisa Anda dapat. Yuk langsung saja simak cara investasi bitcoin pemula di bawah ini.

Apa Itu Bitcoin?

Sebelum masuk ke cara investasi Bitcoin pemula, alangkah baiknya jika Anda mengenal dan memahami apa itu Bitcoin. Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency dalam mata uang digital yang pertama kali diciptakan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (pseudonym atau nama samaran).

Sistem kerja Bitcoin terdesentralisasi, artinya menggunakan sistem P2P (peer-to-peer). Maka dari itu Bitcoin juga tidak memerlukan adanya lembaga keuangan atau bank untuk menyimpan atau bertransaksi. Sehingga proses transaksi Bitcoin ini dinilai lebih cepat dari mata uang konvensional.

Untuk sistem distribusinya, Bitcoin menggunakan database dan tidak bergantung pada satu penerbit utama saja. Bitcoin disebarkan dari jaringan P2P melalui berbagai node lalu ke jurnal transaksi.

Bitcoin juga memakai kriptografi dengan berbagai kegunaan keamanan tingkat dasar. Tidak hanya untuk alat transaksi, kini Bitcoin pun dijadikan instrumen investasi jangka panjang.

Selengkapnya tentang pengertian bitcoin bisa Anda baca pada artikel Bitocto berjudul Apa itu Bitcoin? Pengertian, Cara Kerja dan Harganya.

Keuntungan Investasi Bitcoin

Selain keamanan terjamin dan proses transaksi cepat, ada aspek lain yang menjadi keuntungan investasi Bitcoin, di antaranya: 

1. Teknologi yang terus berkembang

Meningkatnya potensi Bitcoin sebagai mata uang dan telah menyediakan fasilitas transaksi lintas batas dengan biaya rendah membuat teknologi yang dipakai Bitcoin pun terus berkembang.

Banyak ahli juga percaya bahwa Bitcoin memiliki prospek bagus untuk berkembang dan tak menutup kemungkinan bisa menjadi mata uang masa depan secara global. Maka dari itu, kini banyak investor berlomba-lomba ingin berinvestasi dan mencari tahu cara investasi Bitcoin agar mendapat untung maksimal.

2. Harga Bitcoin terus meningkat

Keuntungan investasi Bitcoin selanjutnya adalah harganya terus meningkat meskipun di tengah kondisi pandemi seperti ini. Bahkan, menurut data CNBC, lonjakan harga Bitcoin selama tahun 2020 mencapai 400%.

3. Bisa dilakukan selama 24 jam

Keuntungan investasi Bitcoin yang tidak akan Anda temukan di instrumen investasi lainnya adalah waktu transaksi sangat fleksibel. Lebih tepatnya, investasi Bitcoin tidak ada kata libur dan beroperasi 24 jam nonstop setiap harinya.

4. Pemilik Bitcoin terus meningkat

Meskipun belum diketahui pasti berapa jumlah adopter atau pemilik Bitcoin, namun menurut beberapa situs pertukaran global seperti Coinbase dan Blockchain.com, kini setidaknya ada 100 juta pemilik Bitcoin dari seluruh dunia.

Angka tersebut didapatkan dari hasil akumulasi sejak Bitcoin pertama kali diluncurkan. Dan kini, tidak hanya pemilik individu, beberapa perusahaan juga mulai mengkonversikan uang mereka menjadi Bitcoin, seperti perusahaan Square dan Microstrategy.

5. Alat pembayaran transaksi digital yang legal

Keuntungan investasi Bitcoin lainnya adalah kini seiring perkembangannya, Bitcoin telah dijadikan alat pembayaran pada beberapa transaksi digital. Salah satu alat pembayaran digital terbesar di dunia seperti PayPal juga sudah menambahkan Bitcoin pada opsi penyimpanan dan pembayarannya.

Selain itu, perdagangan atau transaksi Bitcoin di Indonesia sudah diperbolehkan sehingga membuatnya legal dan aman secara regulasi.

Baca juga: Apa itu NFT? Aset Digital yang Naik Daun di Dunia Kripto

Risiko Investasi Bitcoin

Selain menawarkan keuntungan, tentunya setiap investasi memiliki risiko, termasuk juga investasi Bitcoin. Berikut beberapa risikonya:

1. Sangat tergantung dengan teknologi

Karena proses transaksi cryptocurrency berbasis teknologi, maka dari itu keberadaannya sangat bergantung pada teknologi. Tidak seperti mata uang konvensional yang terdapat bukti fisik untuk mendukungnya. Tanpa teknologi, aset kripto tidak ada artinya.

2. Cyber crime

Selain tidak ada jaminan fisik, ketergantungan teknologi tadi juga punya risiko lain yaitu cyber crime seperti peretasan dan penipuan online, meski sudah ada perlindungan pada dompet digital Anda.

3. Pasar yang fluktuatif

Seperti dijelaskan tadi, beberapa waktu lalu memang terjadi lonjakan harga tinggi hingga 400%, namun itu artinya kemungkinan untuk mengalami penurunan drastis juga bisa saja terjadi. Seperti tanggal 17 Desember 2017 harganya berada pada angka US$20.000 tetapi selang beberapa hari di tanggal 24 Desember 2017 harganya turun menjadi US$14.626.

Cara Investasi Bitcoin Pemula

Setelah mengetahui berbagai risiko dan keuntungan investasi Bitcoin di atas, apakah Anda tertarik berinvestasi Bitcoin? Kalau iya, berikut telah Bitocto rangkum cara investasi Bitcoin pemula.

1. Mendaftar dan membuat akun

Cara investasi Bitcoin pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mendaftar dan membuat akun di bursa Bitcoin atau Bitcoin exchange, yaitu perusahaan tempat investasi Bitcoin terpercaya.

Pendaftarannya dapat Anda lakukan secara daring atau online melalui website maupun aplikasi.

2. Verifikasi KYC

Mendapatkan verifikasi KYC adalah proses penting sebab jika Anda tidak mendapatkannya, maka tidak bisa melanjutkan cara investasi Bitcoin berikutnya. Artinya, meski sudah memiliki akun, Anda tidak akan dapat melakukan transaksi dan investasi.

Proses verifikasi KYC sendiri mencakup beberapa hal seperti mengunggah foto ID pengenal, selfie sesuai gerakan yang diminta, dan membutuhkan setidaknya 1 hari kerja. Proses tersebut digunakan sebagai perlindungan semua pengguna exchange dan supaya kebijakan Anti Money Laundering (AML) dilakukan dengan baik.

3. Isi deposit terlebih dulu

Cara investasi Bitcoin selanjutnya adalah mengisi deposit terlebih dahulu. Untuk besaran nominalnya tergantung pada platform exchange yang Anda gunakan, namun biasanya sebesar Rp30.000-Rp50.000.

Opsi pembayarannya sendiri juga sudah beragam, mulai dari setor tunai, transfer bank, gerai retail, hingga layanan e-wallet.

Selain dengan uang konvensional, Anda juga dapat mengisi deposit dengan koin cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin, dan sejenisnya sesuai yang diperbolehkan exchange. Setelah itu, exchange akan memberikan alamat wallet sebagai tempat mengirim kripto dari exchange lain.

4. Pilih pair aset kripto

Hampir sama dengan investasi valas, dalam investasi Bitcoin Anda juga akan diminta memilih pair yang mau diinvestasikan. Umumnya, perusahaan exchange menyediakan lebih dari 100 pair kripto, dan tentu saja pair paling populer yaitu Bitcoin dan Rupiah.

5. Order dan mulai bertransaksi

Cara investasi Bitcoin terakhir adalah order, namun ada dua jenis order dalam dunia investasi Bitcoin.

Pertama adalah Maker atau Limit, artinya harga order ini tidak mengikuti pasar sebab user lain memasang harga ordernya sendiri lebih murah dan tidak dikenakan fee. Namun, order Limit akan terjadi jika harga pasar berada pada harga order yang dipasang tadi.

Jenis lainnya yaitu Market atau Taker, yaitu order yang mengikuti harga pasar saat itu dan bisa langsung dilakukan. Itulah kenapa jenis order ini juga biasa disebut Instan. Tetapi order Taker dikenakan fee mulai dari 0.1%-0.3% dari nilai transaksi.

Setelah order berhasil, Anda sudah dapat bertransaksi dengan Bitcoin tersebut.

Situs Investasi Bitcoin Terpercaya

Setelah mengetahui cara investasi Bitcoin tadi, selanjutnya adalah mencari tempat atau situs investasi Bitcoin terpercaya, seperti Bitocto.

Bitocto merupakan platform yang menyediakan fasilitas untuk melakukan pertukaran atau jual beli aset digital cryptocurrency secara aman. Platform Bitocto pun didesain sederhana dan interaktif, sehingga memudahkan Anda dalam menggunakannya untuk berinvestasi Bitcoin atau kripto lainnya.

Bitocto juga telah dilengkapi sistem enkripsi dan proteksi terhadap DDOS, proses verifikasi dan transaksi dana yang cepat dan menyediakan layanan dukungan pelanggan selama 24 jam nonstop.

Selain untuk tempat investasi Bitcoin terpercaya, di Bitocto Anda juga dapat melihat info kapitalisasi pasar yang akan memudahkan Anda dalam memantau pergerakan harga pasar.

Itu dia informasi seputar cara investasi bitcoin, tips, keuntungan, dan situs investasi bitcoin terpercaya yang perlu Anda pahami jika benar-benar ingin berinvestasi pada cryptocurrency terutama bitcoin. 

Ingin tahu seputar tips investasi Bitcoin atau cryptocurrency lainnya? Simak berbagai artikel informatif lainnya di Octopedia Bitocto ya! 

Baca juga: Mengenal Dogecoin, Koin Kripto Terkuat yang Naik Daun

Share:
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin