Bitcoin Mencetak Rekor 2020 Ditengah Pandemi. Yuk Mulai Investasi

By 19 Agustus 2020Berita, Blog

Mulai investasi di aset digital untuk masa depanmu.

Bitcoin memuncak hampir 180% sejak hantaman yang terjadi awal pandemi COVID-19 di Maret 2020. Saat ini harga aset crypto ternama ini mencapai $12,000 atau sekitar IDR 178,000,000 setelah sempat mencetak rekor 2020 diatas IDR 180,000,000. Hal ini menunjukkan nilai yang dimiliki Bitcoin yang bisa membawanya menjadi salah satu safe haven ditengah kondisi ekonomi yang belum menentu akibat pandemi ini.

Cryptocurrency lainnya yang mengikuti jejak Bitcoin adalah Ethereum meningkat dari $100 di bulan Maret 2020 ke $430 saat ini (19/08).

Perjalanan Bitcoin memang masih tergolong jauh dari rekor ketinggian sepanjang masanya di 2017 yaitu $20,000, namun pemulihan yang signifikan menandakan bahwa cryptocurrency semakin dipandang sebagai aset pelindung nilai. Ditengah ketidakpastian ekonomi, para investor cenderung beralih ke aset dengan suplai yang terbatas, seperti emas, karena tidak tunduk pada tindakan inflasi seperti pelonggaran kuantitatif (quantitative easing) atau dalam kata lain, pencetakkan mata uang fiat untuk membantali perekonomian akibat pandemi COVID-19.

Suplai terbatas dari Bitcoin – dimana nantinya hanya akan ada 21 juta Bitcoin di dunia – menunjukkan bahwa aset ini memiliki sifat yang sama, bahkan terkadang disebut juga sebagai “emas digital”.

Baca Juga: Seberapa Penting Crypto & Apakah Cryptocurrency Masa Depan Kita?

Pada awal bulan Agustus ini, salah satu investor besar yang beralih adalah perusahaan analisis bisnis MicroStrategy mengumumkan bahwa dirinya telah menjadi perusahaan yang terdaftar di Nasdaq yang pertama untuk mengadopsi Bitcoin sebagai aset cadangan perbendaharaan utam

a – menaruh sebanyak $250 juta dari tumpukan cash yang dimiliki perusahaan untuk diinvestasikan di Bitcoin.

“Investasi ini mencerminkan keyakinan kami bahwa Bitcoin, sebagai cryptocurrency yang paling banyak diadopsi di dunia, merupakan nilai simpan yang bisa diandalkan dan merupakan aset investasi yang menarik dengan potensi apresiasi yang lebih panjang dibandingkan memegang cash,” jelas CEO MicroStrategy Michael Saylor.

Sejak pengumuman tersebut saham MicroStrategy telah meningkat 20%. Investasi seperti itu bisa menyebabkan kenaikan yang terjadi baru-baru ini atau bisa juga menyebabkan harga terhenti, analis pasar mengingatkan.

“Karena Bitcoin terus naik, perlu diingat bahwa ketinggian harga Bitcoin terkadang bisa menciptakan penghalang psikologis bagi investor ritel,” terang Simon Peters dari eToro kepada The Independent.

“Seperti halnya para investor bisa mendepatkan saham pecahan, para investor cryptocurrency bisa memegang pecahan Bitcoin. Namun faktanya para investor retail akan menginginkan keseluruhan Bitcoin (satu koin) sedangkan harga untuk mendapatkannya semakin jauh dari jangkauan (tinggi).”

Banyak investor besar, investor retail bahkan perusahaan yang sudah mulai beralih ke Bitcoin, karena sifatnya yang mampu melindungi nilai, karena jumlahnya yang terbatas serta tidak dikendalikan oleh pihak manapun secara terpusat. Teknologi dan nilai Bitcoin sudah membuktikan dirinya pantas disebut sebagai pelindung nilai seperti halnya emas.

Ayo mulai investasi crypto mu, merdeka-kan keuanganmu, dan kendalikan asetmu!
Bitocto akan bantu edukasinya GRATIS. Mulai dari 50 RIBU saja.
Hubungi Customer Support kami melalui WhatsApp 0877-9888-6840 atau komunitas Telegram kami dan jangan lupa daftarkan dirimu agar bisa mulai tradingnya ya!

Baca Juga:

Source : Anthony Cuthbertson on Independent.co.uk

Disclaimer : Metode, angka, teknik, atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.