Bagaimana Cara Menghindari Penipuan (Scam) Di Cryptocurrency?

By 26 April 2019Edukasi
menghindari penipuan cryptocurrency

Satu hal yang tidak bisa dianggap remeh ketika berinvestasi adalah adanya peluang menarik orang-orang jahat untuk melakukan aksi penipuan. Sebagai trader seharusnya telah mengetahui cara menghindari penipuan cryptocurrency. Penipuan ini biasanya berawal karena para trader yang memotivasi dirinya ingin cepat kaya dalam waktu yang singkat tanpa menggunakan akal sehat sehingga berujung fatal. Banyak scammer memanfaatkan keserakahan trader dengan produk dan layanan yang meragukan, termasuk yang berikut:

Initial Coin Offering (ICO)

Ini adalah mekanisme penggalangan dana untuk cryptocurrency yang baru diluncurkan dimana Investor di ICO nantinya akan menerima token dalam usaha baru tersebut. Dalam satu tahun terakhir, investor telah mengalokasikan miliaran USD ke lebih dari 1.000 ICO. Meskipun banyak ICO yang sah, sebagian besar tidak memiliki rencana bisnis atau teknologi yang mumpuni di belakang mereka. Baru-baru ini, United States Securities and Exchange Commission (SEC) atau Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat mengajukan tuduhan penipuan terhadap dua ICO yang dikatakan dijual atas dasar klaim penipuan. China telah melarang penjualan ICO, dan banyak orang yang akrab dengan penipuan, termasuk Wolf Wall Street yang terkenal, Jordan Belfort, menggambarkan ICO sebagai penipuan cryptocurrency terbesar yang pernah ada.

Pialang dan Exchanger yang Tidak Diatur

Terdapat banyak sekali exchanger online yang keberadaannya tidak diatur dan perusahaan pialang yang menawarkan produk cryptocurrency. Investor harus mewaspadai promosi dan janji-janji kekayaan cepat yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Setelah uang disetor, banyak dari perusahaan-perusahaan ini yang akan menagih komisi dalam jumlah besar atau bahkan membuatnya sangat sulit untuk menarik dana. Beberapa lainnya juga dapat mencuri uang investor.

Sistem Perdagangan Bitcoin

Volatilitas luar biasa bitcoin telah melahirkan industri  sistem perdagangan otomatis. Promotor produk-produk ini menjanjikan para pedagang cara untuk mengalahkan pasar dengan melakukan arbitrase harga di antara bursa yang berbeda. Inilah cara yang harus dilakukan untuk menghindari penipuan cryptocurrency. Jangan percaya hype, pertukaran bitcoin sering kali melalui proses penarikan dengan biaya yang besar untuk memperdagangkan bitcoin dengan mata uang fiat, seperti Dolar atau Euro. Selain itu, penyelesaian perdagangan bitcoin dapat berlangsung berjam-jam. Faktor-faktor ini akan menghilangkan laba dari arbitrase bitcoin dan bahkan dapat menyebabkan kerugian.

Lalu bagaimana cara menghindari penipuan cryptocurrency? berinvestasilah dengan portofolio yang tidak terlalu besar sehingga jika suatu hari hilang, Anda tidak akan mengalami kerugian yang besar,serta lakukan pengecekan latar belakang sebelum berinvestasi. Pahami platform terbaik dari kami.

 

Baca Juga: