Apa Kabar Cryptocurrency di Australia?

By 21 Januari 2020Edukasi, Uncategorized

Di Australia, cryptocurrency diatur dengan cukup baik. Bahkan masyarakat umum di negara itu telah menerima undang-undang terbaru yang bertujuan untuk memproteksi investor dan konsumen kripto, serta memberikan kepastian hukum  untuk bisnis yang terkait dengan blockchain. Pemerintah Australia telah menyeimbangkan inovasi dan adopsi blockchain dengan cerdas. AUSTRAC atau Australian Financial Intelligence Agency telah menerapkan peraturan mengenai mata uang kripto.

Baca juga: Pendekatan Blockchain dalam Customer Relations Management (CRM)

Pada Desember 2014, Australia menyelesaikan laporan perpajakan untuk mata uang digital. Sesuai putusannya, berbagai pajak potensial seperti pajak capital gain, pajak barang dan jasa atau GST, pajak transaksi dan pajak penghasilan dapat diterapkan pada token digital. Untuk menghindari penipuan dalam transaksi mata uang digital, Reserve Bank of Australia telah menyatakan bahwa hanya akan ada penggunaan cryptocurrency yang terbatas. Selanjutnya, sesuai laporan ASIC atau Australian Securities and Investment Commission, komite tidak akan memperlakukan mata uang digital sebagai produk keuangan. Bagian lain dari laporan ini menyatakan bahwa mata uang memiliki lebih sedikit perlindungan dan nilainya juga dapat berfluktuasi di masa depan. Pihaknya juga menjelaskan bahwa meskipun mata uang digital adalah produk keuangan, token tetap akan memiliki ketentuan perlindungan konsumen umum.

Baca juga: Ripple Jajaki Pasar Brasil

Mengutip Coinpedia.org, Australia tidak membatasi penambangan cryptocurrency. Namun, ada pajak yang berlaku untuk kegiatan penambangan. Para penambang harus membayar pajak untuk setiap keuntungan atau keuntungan yang dicapai melalui aktivitas penambangan bitcoin. Para penambang yang terdaftar di bawah GST harus membayar GST untuk aktivitas penambangan.

Pada tahun 2018, AUSTRAC telah mengumumkan undang-undang yang lebih kuat untuk pertukaran cryptocurrency. Sesuai peraturan ini, pertukaran harus didaftarkan pada AUSTRAC. Selain itu, pertukaran harus dapat diverifikasi dan mematuhi kewajiban pelaporan Anti Money Laundering (AML) / Combating the Financing of Terrorism (CFT) pemerintah. Pertukaran yang tidak terdaftar adalah pertukaran kriminal.

Baca juga: Cina dan Rusia Mulai Ujicoba Cryptocurrency

Secara singkat, Australia selangkah lebih di depan dibandingkan negara-negara di sekitarnya. Australia memiliki undang-undang cryptocurrency yang diatur dengan baik. Pemerintah setempat terus berupaya menciptakan tempat yang aman & lebih baik untuk komunitas kripto.

Baca juga: