Apa Itu Basic Attention Token (BAT)?

By 26 Oktober 2020Academy

Sejarah dan Awal Mula BAT

Basic Attention Token (BAT) dibuat oleh salah satu pendiri Mozilla dan Firefox, Brendan Eich, dalam upaya meningkatkan keamanan, keadilan, dan efisiensi iklan digital melalui penggunaan teknologi blockchain. Ini adalah token asli dari browser web Brave dan dibangun di atas Ethereum. Whitepaper BAT menunjukkan tanggal 13 Maret 2018. Pada tahun 2020, proyek ini masih dikembangkan, meskipun begitu versi beta dari browser Brave sudah tersedia untuk diunduh.

Karena blockchain dan mata uang digital terus berkembang, perusahaan telah mencari cara baru untuk menerapkan teknologi inovatif ini pada masalah dan kendala lama, seperti penelusuran web dan iklan berbasis web.

Basic Attention Token (BAT) menggunakan blockchain Ethereum dan browser web khusus yang dikenal dengan nama Brave. Token BAT digunakan sebagai mata uang di platform Brave dan dengan token ini kita dapat memperoleh beberapa layanan periklanan yang berbeda. Token ini dirancang untuk dipertukarkan antara pengguna, pengiklan, dan penerbit, dan ini didasarkan pada konsep yang tidak biasa, meskipun salah satu hal terpenting bagi perusahaan periklanan yang beroperasi di era digital: perhatian pengguna.

Pencipta BAT berusaha meningkatkan cara periklanan dilakukan di era digital. Mereka melihat tren saat ini sebagai merugikan pengguna, penerbit, dan pengiklan. Pengguna dibanjiri dengan iklan dan pelacak, dan mereka menjadi sasaran malware yang semakin agresif dan kuat.

Penerbit lama telah melihat pendapatan iklan mereka menurun secara dramatis karena platform seperti Google dan Facebook menurunkan harga informasi sambil mengambil potongan besar dari pendapatan iklan. Selain itu, bot dan malware dapat meningkatkan kerusakan setiap tahun, dan platform mengalami krisis kredibilitas. Selain itu, pengiklan kekurangan metode penargetan dan informasi yang memadai untuk mengirimkan konten mereka secara memadai, sekali lagi, karena fungsi ini dimonopoli oleh platform.

Pengembang BAT percaya bahwa dengan melacak cara pengguna berinteraksi dengan konten iklan digital dan menyimpan informasi tersebut dalam buku besar terdistribusi, mereka akan dapat meningkatkan kesan dan pengalaman iklan digital baik untuk pengiklan, penerbit, maupun pengguna. Pengguna akan merasakan lebih sedikit iklan dan konten yang lebih sesuai untuk mereka. Penerbit akan menemukan sumber pendapatan baru. Dan pengiklan akan dapat menargetkan pengguna tertentu dengan lebih baik berdasarkan preferensi dan minat konten pengguna yang didokumentasikan. Mereka juga akan dapat menghindari penipuan dengan lebih efisien.

Apa itu Brave Browser?

BAT adalah token asli untuk browser Brave, browser open-source berpusat pada privasi yang dirancang untuk memblokir pelacak, cookie invasif, dan malware. Browser ini menggunakan teknologi blockchain untuk melacak perhatian pengguna secara anonim dan aman, yang diterjemahkan dalam bentuk hadiah bagi penerbit.

Perhatian pengguna, yang berarti keterlibatan mental mereka yang terfokus pada konten digital seperti iklan, dicatat melalui Brave. Pembuat BAT menunjukkan bahwa data pribadi pengguna dan informasi pelacakan disimpan hanya di perangkat pengguna, memastikan bahwa itu anonim dan pribadi.

Penerbit iklan digital diberi hadiah atas perhatian pengguna dengan Basic Attention Token (BAT). Semakin efisien konten mereka untuk menghasilkan perhatian pengguna yang berkelanjutan, semakin besar pula jadinya pendapatan penerbit. Pada saat yang sama, pengiklan memperoleh keuntungan atas investasi yang lebih baik, karena iklan mereka tepat sasaran. Brave juga menggunakan data perhatian pengguna anonim untuk membantu pengiklan dengan penargetan dan pengurangan penipuan.

BAT adalah mata uang digital yang memfasilitasi seluruh proses. Ini terkait dengan nilai perhatian, yang dihitung berdasarkan durasi tambahan dan piksel yang dilihat untuk konten iklan yang relevan. Sistem BAT berencana untuk mengukur dan memonetisasi tindakan pengguna terkait iklan digital di masa mendatang. Brave juga membantu mencocokkan iklan dengan pelanggan berdasarkan algoritme pembelajaran mesin untuk menentukan minat pelanggan.

Pengguna browser Brave juga dihadiahi BAT atas partisipasi mereka dalam proyek ini. BAT dapat ditukar dengan berbagai layanan di platform, serta untuk konten premium tertentu. Meskipun demikian, penerbit akan menerima “bagian terbesar” dari pendapatan iklan, menurut situs BAT.

Untuk mengantisipasi kekhawatiran tentang penipuan dan masalah privasi, pengembang Brave dan BAT telah membangun sejumlah langkah keamanan ke dalam browser dan sistem token digital. Pengembang menunjukkan bahwa mereka berencana untuk mengurangi kemungkinan penipuan iklan melalui penggunaan kriptografi, integritas sisi klien yang lebih baik, dan transparansi yang dicapai melalui sumber terbuka.

Apa itu Brave Micropayments Ledger?

Untuk melacak pergerakan BAT, Brave menggunakan Brave Micropayments Ledger (buku besar pembayaran mikro).

Idenya adalah bahwa Brave Micropayments Ledger akan memungkinkan pengiklan, penerbit, dan pembaca masuk ke dalam smart contract untuk memindahkan pembayaran antara satu sama lain.

Brave sedang mengeksplorasi penggunaan zero-knowledge proofs untuk blockchain-nya, dengan tujuan memberikan anonimitas kepada pemangku kepentingan dalam transaksi media online.

Harga TerkiniUSD 0.212088
ROI (est. sejak waktu peluncuran)26.07%
Kapitalisasi PasarUSD 314 817 201
Peringkat Pasar#49
Suplai Beredar1 484 368 945 BAT
Suplai Maksimal1 500 000 000 BAT
Harga Tertinggi Sepanjang MasaUSD 0.980702 (Jan 2018)
Harga Terendah Sepanjang MasaUSD 0.066209 (Jul 2017)
Volume Perdagangan 24 JamUSD 412 323 769
Sumber : CoinMarketCap 19 OCT 2020

Lihat Whitepaper BAT Disini