Analisa Harga Bitcoin : BTC menguat ke $9,000 dalam waktu dekat

By 12 Maret 2020Berita
  • Harga Bitcoin secara singkat melonjak menuju $8,200 pada hari Senin sebelum pembalikan terjadi dibawah $8,000
  • Naiknya volume Bitcoin berjangka di CME menunjukan bahwa reli harga (kenaikan bertahap) BTC sedang dalam persiapan.

Harga Bitcoin kembali diperdagangkan dibawah $8,000 setelah terjadi penolakan terhadap $8,200. Penolakan mengikuti perbaikan harga sesaat pada hari Selasa, dimana Bitcoin naik keatas $8,000. Harga berjalan terus menuju $8,200 namun titik resisten (batas atas) untuk naik terbukti menjadi tugas yang berat. Sementara itu, pertukaran BTC/USD dilakukan di $7,915 sembari fokus untuk menembus titik resisten (batas atas) di $8,000. Batas bawah langsung dilindungi oleh SMA 50 pada grafik 1 jam. Namun, bearish (tren turun) yang sedang terbentuk menunjukan bahwa BTC ada kemungkinan untuk jatuh lebih jauh menuju zona $7,800.

Baca juga: Apakah Anda Siap Belajar Cryptocurrency dan Mulai Investasi?

Indikator teknikal seperti RSI tampak bergerak secara horisontal. Pemulihan dari penurunan terakhir terhenti pada rata-rata indikator (50). Gerakan ini menunjukan bahwa aksi perdagangan saat ini cenderung sideways (tidak ada pergerakan harga yang signifikan, cenderung datar dalam suatu periode). Menekankan tren sideways yang sama adalah indikator MACD, saat ini bertahan di garis rata-rata.

Baca juga: Menjelang Halving Bitcoin Mei 2020: Beli Cryptocurrency dan Raih Profit Besar

BTC harus menghapus resisten (batas atas) pada $8,000 dan mencapai support (batas bawah) diatas $8,200 untuk terlepas dari tekanan penjualan ini. Selain itu, koreksi harga untuk melewati titik resisten (batas atas) yang meningkat adalah cara yang bagus untuk mendorong harga melewati resisten SMA 100 di $8,360 dalam persiapan untuk penyerangan berikutnya menuju $9,000.

Grafik 1 jam BTC/USD

bitcoin fxstreetSource: FXStreet

Volume Bitcoin berjangka di CME menandakan kemungkinan reli harga BTC/USD

Volume pilihan Bitcoin berjangka pada Chicago Mecantile Exchange (CME) terus meningkat meski aksi kejam bisa kita saksikan pada harga Bitcoin pada 3 hari belakangan. Menurut data yang diberikan oleh Skew, sebuah platform yang melacak pergerakan harga Bitcoin, volume BTC berjangka telah meningkat pada level yang tidak terlihat sejak bulan Februari akhir. Volume trading CME futures bergerak reli (naik bertahap) melewati $400 juta, menunjukan bahwa akan adanya pergerakan naik yang cukup intens. Namun, dengan adanya penurunan harga yang terjadi, para trader sepertinya cenderung mengharapkan penurunan lebih lanjut terhadap harga BTC.

Baca juga: Update Pasar Cryptocurrency: Bitcoin, Ethereum, dan Ripple Menyerah

volume bitcoinSource : John Isige on FXStreet.com

Baca Juga:

Disclaimer : Metode, angka, teknik, pendapat, saranan atau indikator yang disajikan pada berita ini berasal dari sumber yang tertera, tidak boleh diasumsikan akan menguntungkan dan tidak akan menimbulkan kerugian. Berita ini disampaikan dengan tujuan sebagai bahan edukasi dan informasi, dan bukan merupakan saran investasi. Penulis, penerbit, dan semua afiliasi tidak bertanggung jawab atas hasil transaksi anda.